Plat Nomor

Mungkin orang-orang pernah berkata, "Apalah arti sebuah nama...".
Tapi, kalau mereka bilang, "Apalah arti sebuah plat nomor...", weits, tunggu dulu, plat nomor juga ada artinya...

Hari Minggu kemarin, di jalan menuju pulang sehabis bermain sepakbola, saya iseng-iseng memperhatikan plat nomor-plat nomor kendaraan dari dalam angkot yang saya tumpangi. Satu per satu saya perhatikan kendaraan-kendaraan yang ada di jalan. Saya lihat plat nomornya, dan sedikit mencari-cari arti dari plat nomor tersebut.

Setelah cukup banyak kendaraan yang saya perhatikan, saya mendapatkan hipotesis yang menarik : ternyata nomor (--bukan huruf) yang tercantum di plat nomor pun punya arti tersendiri. Beberapa digit nomor ternyata menjelaskan jenis kendaraan. Terutama untuk digit nomor pertama dan kedua.

Lalu sayapun mencoba membuat beberapa klasifikasi kendaraan berdasarkan plat nomornya. Hasilnya seperti ini :

- Mobil pribadi
Untuk mobil pribadi berplat Bandung biasanya berplat nomor kurang dari 1000 (D xxx), atau berformat D 1xxx
Untuk beberapa mobil pribadi berplat Jakarta yang saya temui (maklumlah, hari Minggu biasanya banyak "turis" Jakarta), format plat nomor yang umum adalah B 8xxx, atau B 2xxx

- Mobil angkot/kendaraan umum
Kalau ini, dari semua kendaraan yang saya temui, plat nomornya berformat D 19xx

- Motor
Motor-motor Bandung sepertinya mengambil "jatah" terbesar untuk penomoran. Motor Bandung biasanya mempunyai format plat nomor D 2xxx, D 3xxx, D 4xxx, D 5xxx, atau D 6xxx

- Truk/pick up
Untuk truk dan pick up, dan kemungkinan juga kendaraan pengangkut lainnya, plat nomornya berformat D 8xxx

- Kendaraan berplat merah
Kategori yang terakhir ini baru saya temui di sekitar kampus. Plat nomornya berformat D 9xxx

About this entry