Malaysia di Stamford Bridge

Tadi, waktu menyaksikan siaran langsung EPL Chelsea v.s. West Ham United, saya agak terkejut melihat beberapa papan iklan di pinggir lapangan Stamford Bridge (Stadionnya Chelsea). Di situ terdapat tulisan 'Malaysia, Truly Asia'. Sesaat, kembali saya terkagum-kagum kepada negara tetangga itu.
Kagum, karena dari tulisan tersebut, saya mendapat kesan mengenai keseriusan Malaysia memromosikan dirinya sebagai negara tujuan pariwisata. Kagum, karena jika dibandingkan, potensi pariwisata Indonesia jauh lebih besar dibandingkan Malaysia, bahkan bisa saya bilang : 'Punya apa sih Malaysia?'.
Berapa panjang garis pantai Malaysia? Berapa banyak gunung di sana? Ada berapa Kuta di Malaysia? Punya yang lebih hebat dari Senggigi? Bunaken? Punya candi nggak? Walah, apalagi Borobudur...
Tapi, dengan percaya diri yang tinggi, Malaysia menunjukkan pada berjuta pasang mata penikmat sepakbola di seluruh dunia, 'Visit Malaysia, The Truly Asia!'.
Duh, padahal Indonesia juga punya lho, 'Yogyakarta, Never Ending Asia', 'Bandung, Paris Van Java', 'Bali, the island of god/godesses', dll...
So, masalah kemampuan, atau kemauan?

About this entry